Tuesday, March 12, 2013

Anak Gifted

Anak Gifted merupakan anak yang memiliki sebuah kekhususan atau keistimewaan, biasanya berupa kecerdasan yang luar biasa. Dengan kata lain ia merupakan anak yang cerdas dan istimewa (gifted child). Anak gifted juga seringkali disebut anak indigo karena dia memiliki instuisi yang tajam dan beberapa diantaranya bisa melihat sesuatu yang akan terjadi. Dalam kesehariannya, mereka kerapkali memperlihatkan sifat orang yang sudah dewasa dan tidak mau diperlakukan seperti anak kecil. Sehingga, orang dewasa menganggap anak indigo sebagai anak yang memiliki ‘kelainan’. Hal ini yang menyebabkan anak-anak gifted balita mendapatkan kekeliruan diagnosa seperti autisme, maupun gangguan belajar (learning disabilities).

Kondisi atau keadaan yang dialami oleh anak gifted ini adalah suatu keadaan yang sepatutnya membuat bangga dan diidamkan oleh para orang tua. Memiliki seorang anak yang luar biasa cerdas. Tetapi hanya sebagian kecil orang tua yang mengetahui dan mampu memahami potensi tersebut. selebihnya, dalam banyak kasus justru muncul kendala yang dihadapi oleh anak gifted.

anak gifted
Proses belajar Anak Gifted
Permasalahan yang sering ditemui adalah, anak gifted biasanya memiliki problem dalam membina hubungan dengan teman. Karena kecerdasannya yang tinggi dan kemampuan berpikir yang bagus, sehingga tidak jarang teman sebayanya mengalami kesulitan dalam berkomunikasi dan mengimbangi pembicaraan dengan anak ini. Kedua, kurang dapat menyesuaikan diri dengan keadaan di sekitarnya, karena mereka cenderung mandiri dan sulit untuk merasa nyaman dengan keadaan yang ada.

Yang harus dilakukan orang tua untuk menyikapinya adalah menerima keadaan anak seutuhnya serta melibatkan anak gifted/indigo pada berbagai kegiatan yang mengarah pada kerjasama dalam kelompok. Hal itu akan lebih menyeimbangkan antara kerja IQ anak gifted/indigo yang tinggi dengan hubungan sosial bersama lingkungan. Dengan terlibat pada kerjasama dalam kelompok, anak akan mencoba beradaptasi dengan lingkungannya.

Jadi jika anda memiliki anak yang diduga memiliki ciri-ciri Anak Gifted, disarankan untuk bisa memberikan penanganan atau intervensi sedini mungkin, agar tidak menghambat perkembangannya terutama dalam aspek sosial dan emosi. Orangtua diharapkan mengkomunikasikan hal ini dengan guru sekolahnya, atau dapat berkonsultasi langsung dengan para pakar pendidikan atau psikolog. 

Karena secara global pengasuhan dan pendidikan anak-anak masa kini cenderung semakin rumit, menuntut guru semakin profesional dan menuntut orang tua untuk semakin turut berperan serta dalam proses pendidikan anaknya. Karena kerja sama yang baik antara orang tua dan guru dalam mendampingi anak gifted/indigo, besar artinya bagi pertumbuhan anak.

Salah satu solusi yang bisa diambil adalah dengan mendaftarkannya ke sekolah khusus untuk Anak Gifted seperti Cugenang Gifted School yang berlokasi di Kampung Angkrong, Desa Talaga Cugenang, Cianjur, Jawa Barat, Indonesia. untuk informasi lengkap bisa langsung menuju situs www.cugenanggiftedschool.sch.id

*inforrmasi tentang Toko Mesin bisa anda dapatkan pada artikel sebelumnya

No comments:

Post a Comment

Cara Mencari HR Consultant yang Tepat

Panduan Praktis: Cara Mencari HR Consultant yang Tepat untuk Perusahaan Anda Mencari HR Consultant yang sesuai untuk perusahaan Anda adalah...